Minggu, 03 April 2011

JARLOKAT

KONFIGURASI JARINGAN JARLOKAT

KONFIGURASI JARINGAN JARLOKAT
Jaringan JARLOKAT digunakan untuk komunikasi, baik suara (voice) melalui telepon dan juga beberapa komunikasi data (multimedia) melalui komputer. Panjang saluran pelanggan tidak terbatas. Biasanya kabel tembaga yang dipakai berdiameter 0,6 mm.
Jaringan telepon ini menggunakan akses tembaga. Jaringan lokal akses tembaga merupakan jaringan akses yang konfigurasinya dimulai dari terminal blok vertikal pada Rangka Pembagi Utama yang berada di dalam suatu ruangan yang biasanya terletak di bawah ruangan sentral telepon gedung untuk gedung bertingkat sampai KTB yang berada pada sisi pelanggan dimana dihubungkan dengan menggunakan media transmisi tembaga.
Sistem telepon adalah salah satu sistem telekomunikasi yang sangat dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Sistem telepon terdiri dari komponen utama yaitu jaringan lokal, sistem transmisi, dan switching (sentral). Kabel tembaga yang digunakan untuk jaringan telepon bermacam-macam menurut berapa pasang keperluannya. Kabel tembaga untuk jaringan telepon lokal mempunyai standar warna tersendiri. Biasanya orang TELKOM menyebutnya dengan BOHCA (biru, oren, hitam, coklat dan abu-abu). Dengan mengetahui warna kabel ini maka proses penjumperan dan perbaikan gangguan akan lebih mudah. Kabel tembaga inilah yang menjadi dasar dari penjumperan di terminal-terminal jaringan telepon lokal akses tembaga sampai ke pesawat telepon di sisi pelanggan.
DAFTAR PERALATAN
Sentral NEAX75 di PT. Telkom Lhokseumawe
Pada sentral PT. TELKOM Lhokseumawe menggunakan switching NEAX75 jenis single processor. Pada jenis processor ini dapat melayani sentral telepon dengan kapasitas lebih dari 10.000 sst (satuan sambungan telepon). Jumlah total pelanggan pada sentral PT.TELKOM Lhokseumawe sebanyak 8046 sst. Pada sentral tersebut terdapat tiga jenis frame yaitu LTF (Line Trunk Frame) yang berfungsi sebagai rak pelanggan, MISCF (Miscellaneous Frame) yang berfungsi sebagai tempat proses akses ke sentral, dan BF (Basic Frame) yang berfungsi sebagai processor.
\


Rumah Kabel (RK)
Nama lain dari RK adalah feeder point, cross connect Point, atau SAI (serving area interface).
Rumah Kabel adalah bangunan kecil atau rumah jaga yang merupakan tempat distribusi kabel telepon. Rumah kabel digunakan untuk mendistribusikan atau mengkoneksikan antara kabel primer dari kabel sentral dengan kabel sekunder. Kapasitas dari semua Rumah Kabel yang dikeluarkan oleh PT. TELKOM sama. Untuk rumah kabel dengan satu pintu memiliki kapasitas 1200 pair sedangkan rumah kabel dengan satu pintu memiliki kapasitas 2400 pair. RK juga mempunyai fungsi sebagai tempat melaksanakan pengetesan untuk melokalisir gangguan,dan tempat melakukan penjumperan antara terminal port di sisi primer dengan terminal port di sisi sekunder, sehingga terhubung jaringannya ke pelanggan.
Bagian dalam Rumah Kabel terdapat Bagian Primer dan Bagian Sekunder, yaitu :
1. Bagian Primer
Pada bagian ini merupakan tempat pengkoneksian antara kabel primer dari sentral MDF dengan kabel yang berada di dalam konektor yang berada di dalam Rumah Kabel.
2. Bagian Sekunder
Pada bagian ini merupakan tempat pengkoneksian antara kabel yang berada di dalam konektor Rumah Kabel dengan kabel distribusi menuju kotak DP. Antara bagian primer dan sekunder terdapat kabel penghubung atau jumperan.
Kotak Pembagi / Distribution Point (KP/DP)
Kotak Pembagi merupakan unit terminal kabel tempat penyambungan antara kabel sekunder dengan kabel distribusi (penanggal) yang mempunyai fungsi sebagai tempat penyambungan antara kabel sekunder dengan kabel distribusi, dan sebagai tempat pengetesan untuk melokalisir gangguan. KP ada berbagai macam jenis, antara lain yang digunakan, yaitu :
1. Kotak Pembagi Tiang ( KPT )
Kotak pembagi tiang ini mempunyai kapasitas 10 pasang yang kecil dan 20 pasang yang besar. Berfungsi untuk mencatu pelanggan yang terpencar dengan menggunakan saluran penanggal.
1. Kotak Pembagi Dinding ( KPD )
Kotak ini dipasang pada dinding sebelah luar, biasanya digunakan untuk mencatu pertokoan atau rumah yang letaknya berdampingan secara teratur. Dapat juga dipasang pada dinding sebelah dalam, biasanya digunakan untuk mencatu tiap tingkat pada gedung bertingkat atau komplek industri, kampus, perkantoran. DP jenis ini mempunyai kapasitas lebih besar dibanding DP atas tiang dan biasanya kapasitas paling kecil 60 pasang dan paling besar 400 pasang.
3. Tabung Pembagi / Terminal Post ( TP )
Tabung pembagi ini adalah kotak pembagi yang dipasang di atas permukaan tanah. Ini digunakan untuk mencatu pelanggan pada daerah permukaan yang sudah mapan. Pada STO Simpanglima menggunakan kotak pembagi tiang dengan kapasitas 10 – 20 saluran. Umumnya, dari 10 saluran, diambil 1 sebagai saluran cadangan dan dari 20 saluran diambil 2 sebagai saluran cadangan. Saluran cadangan ini berfungsi sebagai pengganti apabila dalam 1 KP tersebut ada saluran yang mengalami kerusakan atau sedang dalam perbaikan.
Kotak Terminal Batas (KTB)
Kotak Terminal Batas adalah tempat penyambungan antara kabel distribusi dengan kabel instalasi dalam rumah ( indoor cable ) yang mempunyai fungsi sebagai pembatas antara IKR (Instalasi Kabel Rumah) pada rumah pelanggan dengan saluran penanggal pada jaringan kabel dan tempat pemeriksaan ada tidaknya dial tone (nada pilih). KTB ini biasanya dipasang pada dinding rumah pelanggan dengan ketinggian kurang lebih 170 cm dari atas tanah.
KTB mempunyai dua bagian, yaitu sisi TELKOM dan sisi pelanggan sebagai berikut :
1. Sisi TELKOM
Batasan sepenuhnya tanggung jawab TELKOM terhadap kondisi instalasi
kabel. Pada sisi TELKOM terdapat terminal urat kabel yang berfungsi untuk
menterminasikan kabel saluran penanggal, IKR, kabel yang terhubung ke
konektor pada sisi pelanggan, dan kabel yang terhubung ke soket pada sisi
pelanggan. Sisi TELKOM dilengkapi dengan pintu yang hanya dapat dibuka dengan alat khusus atau dirancang dengan menggunakan segel.
2. Sisi Pelanggan
Sisi pelanggan adalah batasan pelanggan diijinkan memelihara, memeriksa, dan memperbaiki IKR. Dalam kondisi normal (operasi), maka penyambungan saluran pananggal dengan IKR dilakukan dengan memasukkan utas konektor ke dalam outlet pasangannya di sisi pelanggan. Pelanggan telepon dapat memeriksa ada tidaknya nada pilih dari sentral telepon dengan cara memasukkan utas konektor dari pesawat telepon langsung ke outlet yang ada pada sisi pelanggan.
Instalasi Kabel Rumah (IKR)
Instalasi Kabel Rumah merupakan instalasi kabel yang digunakan dalam rumah yang meliputi, kabel indoor, roset dan pesawat telepon.
1 Kabel Indoor
Kabel ini berisolasi dan berselubung PVC dengan warna abu-abu atau hitam yang berfungsi untuk menghubungkan antara KTB dengan Roset pada pesawat telepon.
2 Roset
Roset adalah sebutan untuk kotak yang menjadi tempat masukan konektor terminal pesawat telepon setelah dari KTB. Funsi roset adalah untuk menstabilkan dan menyaring sinyal telepon yang masuk dan keluar dari pesawat telepon. Roset ini juga memudahkan menyambung dan memutuskan hubungan antara terminal ke instalasi kabel rumah.
Pesawat Telepon
Pesawat telepon Merupakan media untuk berkomunikasi sebagai akhir dari jaringan kabel akses tembaga. Pesawat telepon pada dasarnya adalah merupakan salah satu jenis Customer Premise Equipment (CPE), yaitu peralatan komunikasi yang berada di sisi pelanggan. Selain pesawat telepon, peralatan lain yang termasuk CPE adalah PABX, Centrex, Mesin Faxcimile dan modem.
Fungsi dari pesawat telepon adalah sebagai berikut :
1. Merequest pemakaian saluran telepon, jika handset diangkat.
2. Mengindikasikan bahwa sistim telepon sudah siap, dengan menerima nada dial.
3. Mengirim sejumlah nomor tertentu, yang akan dipanggil. Nomor ini dibangkitkan oleh user dengan menekan tombol push button pada pesawat telepon.
4. Menerima beberapa nada yang menyatakan panggilan sedang dalam proses (ringing, busy).
5. Mengindikasikan adanya panggilan pada sisi terima, dengan membunyikan nada panggil (ringing tone).

SUMBER : zulkarnainiakren.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar